Kemaren sore tepatnya tanggal 16 Maret 2013 ada sebuah peluang usaha
yang saya rasa cukup menarik dan sederhana namun cukup menjanjikan.
Ketika jalan-jalan menelusuri jalan Solo di Yogyakrrta di trotoar
emperan toko area jalan solo ada seorang pedagang kaki lima yang
berjualan es krim durian. Kenapa menarik? kan hanya es krim saja?. Nah
yang membuat menarik adalah es krim durian kaki lima tersebut pembelinya
sampai ngantri dan mengantri. Oleh karena itu saya mencoba mendekati
dan ikut juga mengantri sambil ingin merasakan apa sih enaknya es krim
ini?
Mungkin disini saya ingin mengutarakan sedikit pendapat dan mengambil
inspirasi dari keunikan dan strategi bisnis seorang ibu pedagang es krim
durian tersebut. Walau saya tidak bertanya secara langsung namun saya
coba mengamati dan mengambil sedikit analisa mengenai kenapa peluang
bisnis es krim durian yang salah satunya dilakukan leh pedagang tersebut
sangat laris dan pembelinya sampai mengantri.
Jadi begini, setelah saya ikut mengantri dan mungkin total ada sekitar 6 orang yang sedang menanti dibuatkan es krim durian yang harga satu gelas plastiknya Rp.4000 tersebut, saya rasa yang menjadi keunikan dari es ini ya rasa duriannya tersebut, tahu sendiri buah durian merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh orang banyak walau banyak orang yang tidak menyukai aromanya, namun karena sifatnya yang musiman yang kadang sulit untuk ditemui di musim-musim tertentu dan rasanya yang khas maka buah durian sendiri akan menjadi sebuah ikon yang cukup menarik jika dikemas menjadi sebuah dagangan kuliner tertentu misal kue, keripik, minuman, dan sampai es krim durian ini. Saya rasa mengambil rasa, aroma, serta nama durian inipun sudah menjadi nilai plus sendiri dan bisa membantu dalam marketing dibanding jika hanya berjualan sebuah es krim biasa saja.
Selain memanfaatkan kekhasan rasa dan juga aroma durian tersebut, saya
rasa tempat juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam berjualan
khususnya berjualan kuliner. Peluang usaha kuliner memang tidak terlepas
dari yang namanya tempat strategis, dimana disitu banyak orang maka
bisa dibilang insyaAllah akan banyak juga calon pembeli yang akan
mencicipi usaha kuliner yang anda jajakan.
Jika saya lihat ibu pedagang es krim durian ini memang tepat menangkap
peluang bisnis ini dan dijajakan di area tersebut. Jika anda pernah ke
Jogja atau orang Jogja, tentu tahu dong sepanjang jalan Solo daerah
Gardena disitu banyak sekali pertokoan yang menjadi salah satu tujuan
orang berbelanja selain di Malioboro. Nah disitulah saah satu resep dari
ide usaha berjualan kuliner ini, dimana orang yang banyak berkunjung
akan memberikan kesempatan produk anda terjual lebih banyak dibanding di
tempat yang biasa. Anda akan menghemat biaya marketing disini, karena
pengunjung secara tidak langsung akan melihat dagangan anda walau hari
itu tidak menjamin mereka memutuskan untuk membeli produk anda, tapi
mereka setidaknya sudah tahu dan melihat apa yang anda jajakan.
Jadi ada dua hal yang menjadi penting dalam memanfaatkan peluang bisnis
usaha kuliner, silahkan membuat sebuah produk yang khas, dan unik (dan
juga bahan baku sifatnya musiman, seperti durian ini, jadi orang akan
merasa kangen akan aromanya disaat tidak musim buah tersebut).
Nah yang kedua adalah tempat yang strategis, jika anda tidak bisa
menyewa sebuah tempat permanen yang memang harganya mahal, kaki lima pun
bisa menjadi sebuah pilihan yang cukup bagus asalkan memang tempat
sudah disediakan oleh pihak terkait yang mengelola disitu. Dua hal yang
menjadi nilai penting ketika kita akan memanfaatkan sebuah peluang
bisnis khususnya dibidang kuliner yang memang harus mendapatkan
perhatian dan kejelian sebelum memutuskan untuk mengambil ide usaha
berjualan kuliner.