Laman

Rabu, 20 Februari 2013

Peluang Usaha Just Buah Segar

Banyak yang melirik usaha jus buah segar sebab usaha ini bisa di jalankan dengan modal kecil. Banyak orang yang menyukai jus buah segar sebab sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga minum jus buah terasa sangat segar dan nikmat bila di minum pada tengah hari ketika panas matahari menyengat tubuh.
Target pasar usaha jus buah segar adalah laki-laki dan perempuan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahan baku dari usaha jus buah segar ini adalah buah-buahan yang masih segar dan untuk mendapatkannya juga sangat mudah sebab di pasar-pasar tradisional banyak pedagang yang menjual aneka buah-buahan segar.
Memang saat ini hampir semua keluarga sudah memiliki alat untuk membuat jus sendiri di rumah, namun kenyataannya orang lebih memilih yang praktis dan siap saji. Oleh sebab itu mereka lebih suka membeli jus buah jadi daripada harus membuat sendiri di rumah dengan berbagai alasan.
Jika anda berminat untuk membuka usaha jus buah ini anda harus mempunyai setrategi tersendiri bagaimana caranya agar pembeli bisa tertarik dengan jus buah anda mengingat saat ini sudah banyak sekali yang membuka usaha jus buah segar ini.
Seperti misalnya harga yang lebih murah dari yang lain, buah-buahan yang di jamin masih segar, kebersihan yang sangat terjaga, pelayanan yang memuaskan, siap melayani pesanan, tempat yang setrategis dan sebagainya.
Para pelaku usaha semua sudah sangat faham bahwa menanamkan kepercayaan ke pelanggan adalah faktor yang sangat penting, untuk itu anda harus menjaga kualitas jus buah anda baik dari segi rasa, kebersihan, dan sebagainya. Apapaun usaha anda, jika tidak ada kepercayaan dari pelanggan maka usaha anda tidak akan bisa berjalan.
Bahan baku dari usaha jus buah segar ini adalah buah-buahan segar seperti Tomat, mangga, jeruk, melon, alpukat, sirsak, srowberi, jambu, semangka, wortel, dan sebagainya.
Tempat yang di butuhkan untuk buka usaha jus buah ini tidak terlalu luas, kira2 ukuran 3×3 meter persegi sudah cukup. Tempat yang bagus untuk usaha jus buah segar ini adalah bertetangga dengan penjual kuliner, penjual sembako, servis, sekolahan, kampus dan sebagainya.
Peralatan yang di butuhkan adalah Gerobak, Etalase, Topless, blender, Galon air, Gelas, kursi, meja dan sebagainya. Untuk tahu peralatan yang lebih lengkap anda bisa melihat pada penjual jus buah yang ada di daerah anda.
Harga jus buah rata-rata di tawarkan dengan harga Rp. 3000 hingga Rp. 7000 per gelasnya tergantung dari jenis buah dan kulitas jusnya. Usaha ini akan lebih baik legi jika di lengkapi dengan makanan ringan seperti goreng gorengan. Goreng-gorengan bisa anda goreng sendiri atau membeli dari orang lain.
Berikut analisa keuntungan menjankan usaha jus buah segar ini ;
Harga jus buah pergelas = Rp. 4000
Penjualan perhari min      = 20 gelas
Omset perhari                   = 80.000
Omser per bulan               = Rp. 2.400.000
HPP = 50%
Keuntungan bersih perbulan = Rp. 1200.000
Hitung-hitungan di atas adalah jika usaha jus buah ini anda jalankan di rumah. Semakin tinggi traffik usaha anda maka semakin tinggi pula omset penjualan usaha jus buah anda.
Kelebihan usaha jus buah segar
Usaha ini sudah populer di masyarakat sehingga tidak terlalu sulit untuk mengenalkan produk ini pada konsumen. Peluang usaha jus buah segar ini sangat terbuka sebab peminat dari minuman jus buah ini juga sangat besar. Usaha ini tidak memerlukan modal besar dan bisa di jalankan dengan modal kecil.
Kekurangan usaha jus buah segar
Buah akan membususk jika terlalu lama tidak di konsumsi. Untuk mensiasatinya perlu di persiapkan mesin pendingin seperti kulkas agar buah bisa bertahan lebih lama.
Omset penjualan biasanya akan menurun jika sudah tiba musim penghujan, sebab pada musim hujan udara menjadi dingin sehingga minat kuonsumen untuk minum juga berkurang.
Setrategi usaha jus buah segar
Membuat Banner atau spanduk yang bertuliskan nama usaha anda dan jus yang anda tawarkan berikut harganya yang murah. Anda juga bisa membagikan brosur2 kepada teman2 anda atau masayarakat yang ada di sekitar anda.
Tata Buah anda di dalam etalase kaca yang rapi dan menarik agar konsumen tertarik untuk mencicipi jus buah anda.
Menjaga kesegaran buah-buahan adalah wajib hukumnya bagi pelaku usaha minuman jus buah karena kesegaran buah sangat mempengaruhi terhadap rasa minuman jus yang anda jual. Anda harus paham betul dengan manfaat buah-buahan bagi kesehatan sehingga anda bisa menjelaskan kepada konsumen terhadapa manfaat dari jus buah yang anda jual.
Bila perlu buatlah Spanduk khusus yang bertiliskan manfaat aneka buah-buahan untuk kesehatan tubuh. Ini bertujuan agar konsumen lebih mantab untuk membeli jus buah produksi anda.
Nah bagaimana, anda tertarik untuk membuka usaha jus buah segar ini ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar